it's me ainil

Kelas 3 SMA, Pintu Awal Sebuah Karier



note: tulisan ini ditujukan pada anak2 SMA, terutama yang sekarang kelas 3


masa SMA merupakan salah satu masa peralihan antara masa anak-anak dan masa dewasa. peralihan antara masa doraemon, pokemon, tamiya ke masa serius yakni dunia kuliah dan kerja. yup, mau ga mau, siap ga siap beberapa bulan lagi kalian akan memasuki masa dimana tanggung jawab semakin bertambah dan beban di pundak semakin berat


yang sekarang masih SMA, terutama kelas 3, pasti ada yang berpikiran, “masa2 SMA itu masa paling indah dan ga akan kembali, jadi dinikmatin aja” atau “mumpung kelas 3, setahun lagi lulus, jadi dibuat seneng2 aja waktu setahun ini”. kalo kalian masih ada yang berpikiran demikian, berarti kalian masih belum bisa meninggalkan pola pikir kekanak-kanakkan.


kok bisa? coba ingat, saat kita jadi anak2, rasanya hidup seneng-seneng terus kan? tiap hari habis sekolah maen ke rumah temen, tiap minggu nonton kartun dari pagi sampai siang, kemudian maen PS di deket pasar atau bolos pas ikut les karena acara tivinya sedang bagus. tanpa berpikir panjang mengenai konsekuensi yang akan kita terima saat kita besar kelak.


saat-saat kelas 3 termasuk saat paling menentukan karier seseorang. kamu mau jadi dokter, guru, polisi, teknisi, penjaga parkir, penjaga toko, waiters atau pengangguran, semua berawal dari kelas 3 SMA. ya ada banyak tes yang akan menggiring kalian untuk jadi apa. SNMPTN, SPMB, USM STAN, SIMAK UI, dan puluhan tes tes lain.


kalian terlanjur bodoh saat kelas 1 gpp, kalian terlanjur gagal di kelas 2 ga masalah, tapi kelas 3, jangan biarkan!!


banyak anak yang lebih mementingkan kegiatan GJ, atau gaul dengan temen2 se-genk nya, pacaran, eksis, dan gengsi. pesan saya, cuma satu kata, “tinggalkan”


ibaratnya masa kelas 3 adalah masa “membuka pintu”. bila kalian punya bekal banyak, kalian bisa membuka pintu UI, pintu UGM, pintu ITB, pintu Beasiswa Penuh, pintu STAN, ato pintu2 lainnya dan terserah kalian mau masuk mana akhirnya. dan apabila bekal kurang, mungkin cuma 1 pintu yang bisa kalian buka dan mungkin saja itu bukan sesuatu yang kalian ingnkan. atau mungkin saja tidak ada pintu yang terbuka, lebih parah lagi, leebih dulu jatuh di tangga yang namanya UN.


tidak usah menunggu nanti buat belajar, mulai sekarang, siapkan amunisi buat menghadapi UN, sehingga 1-2 bulan sebelum UN, kalian sudah siap menghadapinya. jangan lupa sembari menyiapkan bekal buat SNMPTN atau tes-tes lain. keputusanmu hari ini menentukan jadi apa dirimu kelak.


so, masa kelas 3 merupakan awal kalian nanti bakal jadi apa. hati-hati banyak godaan. yang tertawa di akhir adalah kalian yang mampu meninggalkan gengsi, meninggalkan hal yang ga penting, dan konsisten. catat! :))


sumber

Posting Komentar